Social Icons

Pages

Selasa, 13 November 2012

Kamera Smartphone Berbasis Windows 8 Kian Mengejar SLR



HTC dari Taiwan Meluncurkan Windows Phone 8X dan 8S, pertama di Indonesia.

windows 8,htc

“Dulu kita membagi kemampuan kamera dalam tiga kelas – SLR, prosumer dan pocket camera. Kini, prosumer dan pocket camera kemampuannya kian mendekati SLR. Bahkan dengan sejumlah kekhususan, seperti ringan dengan ukuran genggam, dan mudah digunakan.” Ini diungkapkan Arbain Rambey, fotografer professional yang juga tercatat sebagai wartawan foto Kompas pada peluncuran Windows Phone 8X, smartphone berbasis Windows Phone 8 pertama di Indonesia yang diperkenalkan HTC, produsen ponsel asal Taiwan, Kamis (8/11) lalu.
“Kemampuan kamera pada smartphone ini sudah melebihi SLR keluaran 2005. Lihat saja hasilnya, tanpa menyatakan menggunakan smartphone, mungkin foto-foto ini diduga diambil dengan SLR,” papar Arbain saat memperagakan foto-foto liputan pertunjukan panggung malam hari. Gambar tetap tajam dalam pencahayaan minim.
Untuk mengukuhkan bahwa kemampuan kamera smartphone tak kalah dari hasil bidikan SLR, dibagikan buku "The Road Less Travelled: Exploring the Hidden Jewels of Jogja through Pictures" yang dibidik dengan HTC One Series – X, S, V.
Windows Phone 8X dilengkapi dua kamera. Di  bagian belakang, tersemat kamera bersensor gambar 8 MP, bukaan besar lensa f/20, dan flash LED. Di depan, terpasang kamera resolusi 2,1 MP dengan lensa ultra-wide-angle 88 derajat, dua kali dari biasanya, yang didaulat bisa menangkap obyek gambar hingga lima-enam orang sekaligus, bukan hanya empat orang laiknya kamera smartphone lain.
Dilengkapi layar 4.3” 720p HD dengan 341 pixel per inci yang memaksimalkan warna yang bersih dan kontras tinggi. Senior Manager Product Marketing HTC Southeast Asia-Pacific Justin Zang menyatakan, HTC Windows Phone 8X dirancang agar terlihat anggun dengan uni-body setebal 10,1 milimeter dan berat 130 gram dari polikarbonat yang membungkus bagian belakang. Menyatu bersama layar yang dilindungi lapisan Gorilla Glass 2.
HTC 8X  ini diposisikan di kelas high-end, setara HTC One X yang menggunakan Android dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 1,5GHz dual-core, RAM 1GB, dan media penyimpanan internal 16GB untuk menghadapi lawan yang dianggap sepadan: Nokia Lumia 920 dan Samsung Ativ, yang juga memakai sistem operasi Windows Phone 8.
Survei JD Power pertengahan tahun ini mengukuhkan HTC sebagai pembuat smartphone Android paling memuaskan. Jauh meninggalkan pesaing seperti Motorolla dan Samsung. Mutu suara ditingkatkan dengan beats audio yang menghasilkan suara autentik sekualitas studio. Dilengkapi audio amplifier yang dua kali lebih nyaring dengan distorsi 10 kali lebih kecil.
“Cukup menyimpan file musik yang saya perlukan untuk keperluan pentas,” tutur Tompi, penyanyi jazz yang juga merupakan dokter spesialis bedah plastik. “Saya juga cukup menggunakan fasilitas kamera smartphone ini untuk keperluan memperlihatkan hal-hal penting terkait pada pasien.”
Sampai November 2012, 120 ribu aplikasi di Windows Store bisa diunduh pemakai Windows Phone 8X yang tersedia dalam warna California Blue, Graphite Black, Flame Red, dan Limelight Yellow. Untuk mendukung kegiatan operasional, Windows Phone 8X dilengkapi baterai berdaya 1,800 mAh. Mulai dipasarkan di Indonesia pada akhir November 2012 seharga Rp 5,8 juta.
HTC merencanakan juga akan meluncurkan seri Windows Phone lebih terjangkau, 8S, seharga Rp 3,2 juta dua minggu setelahnya. Varian ini dalam warna Domino, Fiesta Red, Atlantic Blue, dan High-Rise Gray.

Sumber :
Kamera Smartphone Berbasis Windows 8 Kian Mengejar SLR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar